Rekomendasi Aqiqah untuk anak - Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia


    Kelahiran atau kedatangan buah hati  adalah salah satu yang di dambakan oleh  orang tua, kehadiran seorang anak adalah yang paling di tunggu-tunggu. namun ada hal yang harus di ketahui oleh orang tua bahwa kelahiran anak tentu tidak lepas dari istilah Aqiqah dalam Islam, untuk itu para orang tua juga harus tau hukum hukum nya, cara melakukan aqiqah yang benar sesuai syari'at Islam tentuanya. 
 setiap anak yang baru lahir di dunia tentu di dalam Islam dapat diartikan tergadai dengan aqiqahnya hingga nantinya anak dilakukan aqiqah olah kedua orang tua nya. Aqiqah biasanya identik dengan disembelihnya hewan untuknya dan dilakukan pada hari ke tujuh sejak anak lahir. namun terdapat beberapa pendapat lain di dalam islah bahwa aqiqah dapat dilakukan hari ke 14, ke 20 bahkan apabila orang tua belum siap nantinya dapat melakukan aqiqah setelah hari ke 20 dan ketika sudah siap nantinya, sehingga memang terdapat beberapa pendapat yang berbeda namun dengan tujuan yang sama yaitu untuk menyembelih hewan untuk melakukan aqiqah pada anak baik anak yang lahir perempuan dan laki-laki. 

 Ketentuan menyembelih hawan untuk aqiqah terdapat perbedaan antar aqiqah untuk anak laki-laki dengan anak permpuan. "Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelih itu) jantan atau betina.” (HR. Imam Ahmad dan Tirmidzi dari Ummu Karaz Al Ka’biyah). sehingga terdapat perbedaan jumlah hewan yang akan disembelih guna untuk aqiqah yaitu 2 ekor kambing untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan. 

Kenapa Harus Melakukan Aqiqah ?

Pelaksanaan aqiqah anak adalah ajaran Rasulullah SAW, meskupun jika dilihat dari dasar hukum melakukan aqiqah adalah sunnah muakkad yang harus di utamakan, artinya bagi seorang muslim dapat melakukan aqiqah atau melaksanakan karena memiliki harta yang cukup maka di anjurkan untuk melakukan aqiqah untuk putra atau putrinya tersebut yang baru lahir. Namun disisi lain apabila memang seseorang muslin tidak dapat melakukan aqiqah karena keterbatasan harta karena tidak mampu maka pelaksanaan aqiqah tdapat di tiadakan.

Diriwayatkan Al-Hasan dari Sammuroh Radhiyallahu'anhu bersabda :
''Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama." (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 dan dinilai shahih oleh Al-Albani)

Banyak hikmah dan keutamaan yang dapat di petik dari pelaksanaan Aqiqah ini diantaranya :

  1. Melaksanakan Aqiqah dapat membantu dan mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karuniaNya
  2. Melaksanakan Aqiah berarti meneladani dan mengikuti sunnah Rasulullah SAW
  3. Aqiqah merupakan momen untuk berbagi pada sesama umat dan mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi
  4. Aqiqah memiliki bentuk perasaan gembira dan upaya memberikan atau berbagi kegemberian tersebut kepada orang lain

Persiapan Aqiqah untuk Anak

secara umum untuk ketentuan aqiqah sama saja untuk anak laki-laki dan perempuan dimana yang membedakan hanya jumlah hewan nya saja, jika anak laki-laki dengan 2 ekor kambing sedangkan anak perempuan 1 ekor kambing Berikut tata cara melakukan aqiqah sesuai sunnah ajaran Islam.

1. Menyembelih Hewan yakni Kambing



  Tahap awal sudah pasti yaitu menyembelih hewan kambing dimana  untuk jumlah kambing yang akan di sembelih saat aqiqah sudah di sebutkan didalam hadits yang di riwayatkan abu Daud :
"Dari Ummu Kurz ia berkata : aku mendengar Nabi Shallallahu'alahi wa sallam bersabda 'untuk seorang anak laki laki adalah 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan adalah 1 ekor kambing, tidak mengapa bagi kalian apakah ia kambing jantan atau betina" (HR Abu Dawud No 2834-2835)

Sebelum melakukan penyembelihan kambing disunnahkan untuk membaca doa, berikut untuk doa nya :

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

"Bismillâhi walLâhu Akbar. Allahumma minka wa laka. Allahumma taqabbal minni. Hadzihi ‘aqiqatu…(sebutkan nama bayi)."

Artinya: Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah aqiqahnya … (sebutkan nama bayi).

2. Memasak Daging Aqiqah



 Setelah melakukan tahap yang pertama untuk menyembelih hewan kambing untuk aqiqah selanjutnya adalah memasak daging tersebut  terdapat beberapa pendapat terkait memasak daging saat aqiqah yakni "Dianjurkan untuk tidak membagikan daging hewan aqiqah dalam keadaan mentah sehingga disarankan membagikan nya dalam keadaan matang dengan di masak terlebih dahulu selanjutnya dapat di bagikan ke sanak saudara atau fakir " (Imam Al-Baghawi dalam kitab Atahzib)
kebanyakan ahlul ilmi menganjurkan agar daging hewan qurban ini di masak terlebih dahulu baru di bagian ke orang orang.

3. Membagikan Daging Kambing

Dalam hal ini sudah tertulis di dalam hadits yang di riwayatkan Al-Bayhaqi, bahwa daging aqiqah tersebut sebagian dapat di makan sendiri untuk yang memiliki aqiqah dalah hal ini adalah keluarga dan untuk sebagian lain nya dapat dibagikan ke saudara dekat, tetangga.
Dalam membagikan dading aqiqah ini hampir sama dengan daging qurban hanya saja untuk aqiqah sudah matang dan di masak sedangkan daging qurban biasanya masih mentah.

4. Mencukur Rambut dan memberikan nama Saat Aqiqah

                                            source : https://id.theasianparent.com/persiapan-aqiqah

Tahap selanjutnya ini adalah mencukur rambut dalam melaksanakan aqiqah dan biasanya di sertakan juga untuk pemberian nama sang bayi ya ng baru lahir tersebut. 

5. Membacakan Doa pada Bayi

Tahap yang terakhir adalah doa, tentu aqiaah dilakukan dengan mengharap ridho Allah untuk sang anak dan berikut untuk doa yang di ucapkan :

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allâhumma innî u’îdzuhâ bika wa dzurriyyatahâ minasy syaithânir rajîm 

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk,".


Melaksanakan Aqiqah menggunakan Jasa Aqiqah , apakah boleh ?

Melaksanakan Aqiqah adalah hal yang di sunnahkan oleh ajaran umat Islam, tidak terdapat keharusan untuk melakukan proses aqiqah tanpa jasa aqiqah untuk hal tersebut sangat sangat di perbolehkan meskipun sebagai orang tua akan lebih nyaman jika melihat proses penyembelihan hewan untuk aqiqah tersebut secara langsung karena jika menggunakan jasa aqiqah kita tidak tahu proses penyembelihan hewan tersebut meskipun jasa aqiqah  biasanya juga sudah mengetahui terkait tata cara  penyembelihan hewan tersebut secara syari. 

Terkait jasa aqiqah kami memiliki rekomendasi jasa aqiqah Keluarga Indonesia yang dapat menjadi referensi papa dan mama nantinya yaitu Aqiqah Nurul Hayat.
kenapa harus di aqiqah Nurul Hayat  ? salah satu alasan karena jasa aqiqah Nurul Hayat ini terdapat berbagai macam cabang hampir di seluruh kota besar di indonesia sehingga papa dan mama tidak perlu khawatir berada di daerah mana InsyaAllah ada di tempat papa dan mama nantinya.

Sejarah Aqiqah Nurul Hayat



Aqiah Nurul Hayat dikenal sebagai "PELOPOR AQIQAH SIAP SAJI" dimana sudah berdiri sejak tahun 2003 sebagai unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. Sejak saat itu Aqiqah Nurul Hayat bertumbuh dengan puluhan ribu layanan Aqiqah setiap tahunnya. Tersebar di 30 lebih cabang di Indonesia. Terjamin karena bersertifikat halal MUI. Mendapat rekor MURI. Menjadi langganan masyarakat, tokoh dan artis.

Testimoni kalangan Artis :


Kelebihan lain dari Aqiqah Nurul Hayat :
  • Pemilihan Hewan , proses penyembelihan dan memasak daging nya sudah sesuai Syarat  Sah nya Aqiqah dan sudah memiliki sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dinas Kesehatan dengan Nomor : 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012
  • Aqiqah di Nurul Hayat memilih 2 opsi yaitu hewan Daging mentah atau Daging yang sudah diolah oleh pihak Aqiqah Nurul Hayat itu sendiri dan beragam jenis masakan nya mulai dari sate, Gule, Krengsengan dan masih banyak lagi
  • Jika menggunakan Jasa Aqiqah di Nurul Hayat InsyaAllah berkah karena di Nurul Hayat sekaligus bersedekah untuk biaya Aqiqah nya sehingga nantinya biaya operasional keuntungan dari usaha aqiqah tersebut akan mendukung program beasiswa setiap semester 4500 anak yatim
  • Pemesan mendapat 50 eksemplar Risalah Aqiqoh dan untuk Tasyakuran akan mendapat 50 eksemplar Risalah Do’a
  • Aqiqah Nurul Hayat juga dapat menyalurkan ke Panti Asuhan dan Desa untuk support program dakwah dan tentu berpengalaman dan sudah terpecaya oleh puluhan ribu pelanggan.

Harga nya pasti Mahal  nih ?

papa dan mama jangan berburuk sangka dulu ya karena harga di Aqiqah Nurul Hayat ini sangat terjangkau loh bagaimana tidak, di cabang Yogyakarta khususnya terdapat beberapa pilihan yaitu :

  • Paket PLATINUM
                        Jantan        : Rp. 3.500.000
                        Betina         : Rp. 2.700.000
                        3 Menu        : 270 sate + 90 Kreng Daging + 180 Gule Jeroan Tulang
                        2 Menu        : 550 sete + 180 Gule
  • Paket ISTIMEWA
                        Jantan        : Rp. 3.150.000
                        Betina         : Rp. 2.350.000
                        3 Menu        : 210 sate + 70 Kreng Daging + 140 Gule Jeroan Tulang
                        2 Menu        : 450 sete + 140 Gule
  • Paket SUPER
                        Jantan        : Rp. 2.400.000
                        Betina         : Rp. 1.900.000
                        3 Menu        : 150 sate + 50 Kreng Daging + 100 Gule Jeroan Tulang
                        2 Menu        : 300 sete + 100 Gule
  • Paket PUAS
                         Jantan        : Rp. 2.300.000
                        Betina         : Rp. 1.800.000
                        3 Menu        : 120 sate + 40 Kreng Daging + 80 Gule Jeroan Tulang
                        2 Menu        : 250 sete + 80 Gule
  • Paket TASYAKURAN
                        Betina         : Rp. 1.500.000
                        2 Menu        : 150 sete + 40 Gule


Ada juga varian lain untuk paket nya yaitu untuk Aqiqah Nasi Box atau Nasi Kotak




  • Paket PLATINUM
                        3 Menu (90 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 5.210.000
                        Betina         : Rp. 4.410.000
                        2 Menu (180 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 6.650.000
                        Betina         : Rp. 5.850.000
                      
  • Paket ISTIMEWA
                        3 Menu (70 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 4.480.000
                        Betina         : Rp. 3.680.000
                        2 Menu (140 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 5.600.000
                        Betina         : Rp. 4.800.000
                      
  • Paket SUPER
                         3 Menu (50 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 3.350.000
                        Betina         : Rp. 2.850.000
                        2 Menu (100 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 4.150.000
                        Betina         : Rp. 3.650.000                  
  • Paket PUAS
                        3 Menu (40 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 3.060000
                        Betina         : Rp. 2.560.000
                        2 Menu (80 Kotak)
                        Jantan        : Rp. 3.700.000
                        Betina         : Rp. 3.200.000
                      
Menu Nasi Kotak terdiri dari :

1. Nasi putih
2. Tiga tusuk sate*
3. Sambal goreng ketang ati
4. Satu cup gule*
5. Acar kuning
6. Sambal
7. Krupuk Udang
8. Buah pisang
9. Alat makan (tisue, sendok, tusuk gigi)
10. Box Nasi Esklusif ukuran 22x22 cm

Catatan: *Sate dan gule dari Paket Aqiqah Kambing Masak
                       

Nah itulah beberapa keunggulan dari jasa Aqiqah Nurul Hayat, sangat rekomended sekali bukan ? papa dan mama tidak perlu ragu lagi untuk memilih jasa aqiqah ke Nuruh Hayat karena berbagai macam kelebihan dan juga yang terpenting sesuai Syariat Islam tentuanya dan di jamin HALAL. apabila papa mama tertarik atau ingin melihat lebih detail terkait Jasa Aqiqah Nurul Hayat m bisa banget silahkan kunjungi website resmi nya aja di link berikut ini https://aqiqahnurulhayat.com/home



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama